Dalam membuat jaringan nirkabel/wireless network anda sendiri, anda akan selalu bertanya-tanya apa perbedaan antara router dan access point. Karena beberapa tugas dan fungsinya mereka tampaknya tumpang tindih pada pandangan pertama. Mereka memilik kesamaan dalam menyediakan akses ke internet. Apa yang Router Lakukan?

Router adalah seperti server, karena melakukan fungsi server. Router mengarahkan data dan perintah yang datang dari tempat yang berbeda di jaringan terhadap tujuan mereka. Ini mengatur komunikasi jaringan yang real-time.
Sebuah router juga dapat bertindak sebagai server DHCP, menetapkan alamat IP dinamis untuk setiap komputer setiap kali mereka boot up. Sebuah router juga dapat melakukan port forwarding.
Router menghubungkan beberapa komputer ke internet. Router juga memiliki alamat IP dimana komputer lain di internet dapat melihat.


Apa yang Access Point Lakukan?


Access Point tidak melakukan semua fungsi dari sebuah Router. Access Point adalah berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan. Access Point juga memiliki alamat IP dimana komputer lain di internet dapat melihat.
Access Point memiliki beberapa fitur keamanan yang sama seperti Router, tetapi mereka tidak akan melakukan fungsinya seperti server.

0 comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...