WIFI - Boosts ada kalanya anda harus menghadapi situasi dimana kekuatan sinyal konektivitas nirkabel antara komputer /laptop anda dan router nirkabel terlalu rendah atau tidak memuaskan dan anda bertanya-tanya apa penyebabnya. Mungkin ada beberapa alasan dan benar-benar dapat anda lakukan untuk meningkatkan kinerjanya. Anda juga dapat berkonsultasi dengan para admin untuk menginstal Wifi.
Kita coba tips berikut ini:
1) Cobalah untuk menjaga router pada posisi yang terpusat jika memungkinkan. Jauhkan dari dinding atau hambatan yang berarti. 
  • Tempatkan access point anda di tengah lantai teratas, di atas sebuah perabot karena gelombang radio menyebar dengan baik ke arah bawah
  • Penerimaan gelombang akan lebih baik apabila sinyal tidak perlu menyebar dengan sudut yang besar, melalui tembok tebal, kaca, akuarium atau apapun logam
  • Tempatkan komponen nirkabel jauh dari alat-alat lain yang menyebabkan interferensi seperti telepon nirkabel, microwave dan lampu halogen
  • Ubah channel sinyal default dari AP anda (biasanya 6) untuk menghindari interferensi dengan AP milik tetangga
2) Ada "Db" untuk antena yang digunakan oleh router. Coba periksa itu. Besar kecilnya Db sangat berpengaruh kualitas signal. Coba dengan membuat antena buatan dengan aluminium foily(anda bisa googling untuk melihat contoh ) yang dapat meningkatkan kekuatan sinyal pada arah tertentu sampai 12 Db.
3) Hal ini dimungkinkan bahwa computer/laptop anda tidak mampu menangkap sinyal dengan cara yang tepat. Bisa dicoba menggunakan adapter jaringan USB untuk meningkatkan kekuatan sinyal.
4) Anda dapat mencoba untuk menggunakan lebih dari satu titik akses dan kemudian menghubungkan kedua titik akses dengan kabel.
5) Anda dapat mencoba menggunakan Wireless Range Extenders (repeater) yang sebenarnya mengambil sinyal dan kemudian memperkuat untuk perangkat penerima. Dengan Repeater yang digunakan meningkatkan kekuatan sinyal, namun dapat menurunkan kinerja karena koneksi antara router dan computer/laptop tidak lagi menjadi "langsung" koneksi dalam kasus ini.
Mari kita memahami satu hal, bandwidth dan kekuatan sinyal adalah dua hal yang berbeda. Kejelasan sinyal berkaitan dengan kekuatan sinyal tapi bandwidth adalah berkaitan dengan kapasitas transmisi dari perangkat. Pasti ada baiknya dicoba dimana router ditempatkan terlalu jauh dari computer/laptop atau tidak. Ada juga perangkat lain yang dikenal sebagai penguat sinyal bi-directional. Bandwidth sering tergantung pada jenis koneksi yang anda gunakan karena disediakan oleh ISP anda.
Ingat, lebih baik untuk membuat perangkat dengan aluminium foil seperti yang dijelaskan pada point (2), daripada menggunakan perangkat yang lain seperti Repeater. Kecuali cakupan signal dibutuhkan ke area yang lebih luas. Anda juga dapat memeriksa untuk melihat berapa banyak lalu lintas / traffic oleh firewall atau perangkat lunak antivirus di computer/laptop anda. Let’s Try.

2 comments

  1. aspyogya // 9 Januari 2011 22.27  

    adakah cara lain jika user yang memakai wifi kita sudah terlalu banyak dan router mulain hang hingga harus di restrat, merk BELK1N.

  2. admin // 10 Januari 2011 13.37  

    @aspyogya : kalau menurut saya, biasanya AP ada batasan minimal untuk client yang konek. Jadi kalau sudah melebihi quota biasanya muncul hang. Atau bisa nambah AP lagi sehingga ada 2 AP dengan gateway yang sama.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...