Apa saja yang dibutuhkan mengenai perangkat wireless dan peralatan apa yang cocok untuk memasang perangkat wireless di rumah anda. Ketahuilah bahwa penyediaan atau pengadaan perangkat wireless harus disesuaikan dengan budget anda. Banyak perangkat wireless yng bervariasi yang dijual dipasaran mulai kelas high end maupun middle end. Kita harus pintar memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan kita. Ada kalanya juga kita harus menghitung jarak, kekuatan signal dan juga kondisi dilapangan apakah LOS (Loss of Sight) ataupun tidak. Pemilihan perangkat wireless dibedakan 2 macam. Dibedakan dalam sisi Server maupun Client, dan juga dari sisi kesederhanaan setting dan limit access atau siapa saja yang berhak koneksi dengan wireless kita nantinya. Dari sisi Server atau Pengirim Sinyal atau ISP alat yang dibutuhkan adalah : 1. Antenna Outdoor ( Antenna Omni, Sectoral ) 2. WAP (Wireless Access Point) 3. POE (Power of Ethernet ) injector 4. Pigtail Cable (Kabel Pigtail) 5. Box Outdoor 6. UTP Cable (Kable UTP) 7. RJ-45 Connector 8. Hub / Switch 9. PC/Server 10. Mikrotik ( Kelas ISP untuk komersial) Diatas adalah perangkat wireless yang biasanya dibutuhkan dan wajib disediakan bagi kita sebagai pengguna wireless. Tapi semua peralatan diatas juga dapat disesuaikan dengan budget kita. Apabila wireless connection difungsikan sebagai ISP ada kiranya peralatan diatas dipenuhi. Dari sisi Client alat yang dibutuhkan adalah : 1. Antenna Outdoor ( Antenna Grid, Yagi, Backfire, Wajanbolic) 2. WAP (Wireless Access Point) atau USB Wireless 3. POE (Power of Ethernet ) injector 4. Pigtail Cable (Kabel Pigtail) 5. Box Outdoor 6. UTP Cable (Kable UTP) 7. RJ-45 Connector Pengadaan peralatan untuk client biasanya disesuaikan dengan kondisi di lapangan. Ditentukan jarak antara ISP dengan client seberapa jauh. Kalau jarak antara ISP dan client jauh berarti alat yang dibutuhkan adalah antenna Grid yang memiliki coverage paling jauh. Tetapi bila coverage area nya dekat biasanya menggunakan antenna yagi, backfire dan bisa juga wajanbolic. Mengingat budget dari antenna diatas besar biasanya di siasati dengan menggunakan antenna wajanbolic. Disamping murah juga mudah mendapatkannya. Fungsi dari perlatan diatas adalah : Antenna difungsikan sebagai penangkap signal WAP (Wireless Access Point) difungsikan sebagai penangkap signal dan merubah dari signal radio menjadi access data ke computer. POE difungsikan sebagai catu daya ke WAP sehingga tanpa menarik kabel ke atas untuk mengurangi tersambar petir. Sedangkan Kabel Pigtail adalah kabe penghubung dari Antenna ke WAP. Demikian penjelasan singkat mengenai perangkat wireless yang mungkin anda perlu tahu. Let’s Try and keep your wifi is free.

2 comments

  1. Partisimon.Com // 4 Januari 2010 12.52  

    Terima kasih infonya seputar wireless.

    Kira-kira berapa budget yang harus di sediakan untuk ada wireless ini? lalu kira-kira berapa KBps kita bisa dapat dan berapa jauh area masih bisa tersambung, dan kira-kira berapa user yan bisa akses bersamaan (misalnya di pasang di warung kopi)

    thanks

  2. wiguna // 5 Januari 2010 10.17  

    Budget untuk pengadaan wireless untuk sebuah warung kopi kira2 -/+ Rp. 2.000.000. Sudah termasuk WAP (wireless access point), kabel UTP/LAN secukupnya, HUB/Switch, plus modem adsl router. Biasanya coverage area untuk wireless ini -/+ 500m (mengunakan antenna bawaan AP). Bandwith yang didapat tergantung ISP nantinya. Kalau speedy bandwith nya bisa mencapai 1 mbps, jadi dibagi 20 client kira2 per clientnya 100 kbps (lumayan). Untuk akses bersamaan pastinya bisa dan maksimal 20 client. Dengan asumsi AP nya diset otomatis.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...