DHCP Server digunakan sebagai pusat untuk mengalokasikan TCP / IP untuk computer, yang konfigurasinya secara otomatis tanpa pengaturan secara manual. Berarti DHCP Dynamic Host Configuration Protocol, Ini menghemat banyak waktu untuk mengatur dan mengelola jaringan TCP / IP terutama jika anda memiliki jaringan besar.


DHCP Server ini dapat berfungsi sebagai server atau berdiri sendiri built-in dengan fitur pada router jaringan. Jika Router jaringan anda mendukung fitur ini, anda dapat mendefinisikan sebuah kelompok alamat IP dan konfigurasi lainnya (Subnet mask, Default Gateway, DNS Server) yang akan dialokasikan untuk komputer. 
Bagaimana DHCP Bekerja dalam Microsoft Windows
Pada Microsoft Windows sebagai klien DHCP,, anda biasanya membuat setup pada kartu jaringan (TCP / IP) properti untuk mengambil alamat IP dan konfigurasi lainnya secara otomatis dari server ini.
DHCP IP ini akan aktif pada komputer anda, kemudian akan mengirimkan paket data dengan permintaan DHCP ke jaringan. Paket ini akan dijemput oleh server, yang kemudian mengalokasikan alamat IP dan konfigurasi lainnya ke komputer.




Setelah komputer ini dialokasikan alamat IP, Anda dapat mengetik ipconfig / all pada jendela command prompt untuk memeriksa informasi jaringan. Ini akan menunjukkan detail TCP / IP konfigurasi (IP Address, Subnet Mask, Default Gateway, DNS server).

0 comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...