Cara Temukan Jaringan Wireless dengan NetStumbler. NetStumbler (juga dikenal sebagai Network Stumbler) adalah alat berbasisi Windows paling populer untuk mendeteksi Wireless Local Area Networks (WLAN) 802.11b menggunakan, 802.11a dan 802.11g.
Program ini umumnya digunakan untuk:
* Wardriving
* Memeriksa konfigurasi jaringan
* Mencari lokasi dengan cakupan di sebuah WLAN
* Mendeteksi penyebab gangguan nirkabel
* Mendeteksi jalur akses wireless
* Bertujuan untuk mencari arah antena WLAN untuk link jarak jauh
Untuk menggunakan dan mengetahui jaringan nirkabel yang tersembunyi, hanya menginstal NetStumbler pada komputer atau laptop yang mendukung Wi-Fi. Segera setelah anda mulai NetStumbler, maka secara otomatis akan mulai scanning untuk jaringan nirkabel. Seperti yang anda lihat, sangat mudah untuk menemukan jaringan nirkabel tersembunyi menggunakan Network Stumbler.
Berikut beberapa langkah untuk dapat menerapkan untuk mengamankan jaringan nirkabel anda dengan lebih baik.
1. Ubah password default. Ini jelas yang paling penting. Setidaknya 50% dari router yang dikonfigurasi masih menggunakan default password.
2. Ganti nama default SSID. Jika anda membeli router D-Link, Anda tidak ingin orang tahu bahwa anda menggunakan router D-Link. Hal ini untuk mencegah hacker mencari exploit Dlink router pada website security dan menggunakan mengeksploitasi pada router nirkabel anda.
3. Gunakan WPA jika mungkin, jika tidak, gunakan setidaknya WEP. WPA adalah enkripsi terkuat daripada WEP. WEP dapat ditembus dalam 20 menit. Bahkan ada video tutorial mengajarkan pada anda bagaimana untuk melakukannya.
4. Gunakan MAC address filter. Jika Anda hanya memiliki beberapa komputer, maka itu lebih baik menggunakan filter alamat MAC.
Let's Try

1 comments

  1. Top Blogger Post // 23 Januari 2011 pukul 21.27  

    Sayang tidak disertai contoh dan screen capture, padahal kebetulan gue lagi cari artikel ini ttg netstumbler

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...