Apabila anda memiliki sebuah laptop yang dilengkapi dengan kedua ethernet (LAN) dan adaptor jaringan nirkabel (wireless adapter) dan terhubung langsung ke internet menggunakan modem ADSL dan anda ingin share internet dengan laptop lainnya saya rasa sangat mudah. Daripada menghabiskan uang dalam membeli router broadband nirkabel, anda dapat menghemat uang dan berbagi Internet dari laptop anda menggunakan built-in adaptor jaringan nirkabel / wireless adapter.
Jika anda memiliki sebuah komputer desktop yang tidak memiliki built-in adaptor nirkabel, anda dapat membeli adaptor USB nirkabel dan sangat jauh lebih murah dibandingkan dengan router. 
 Medialink - Wireless N USB Adapter - 802.11n - 150Mbps - 2.4ghz - Windows 2000 / XP / Vista 64-Bit /128-Bit Windows 7 Compatible802.11g USB WiFi Wireless Lan Adapter w/5dBi Antenna150Mbps WIFI USB WIRELESS LAN ADAPTER 802.11 B/G/N
Berikut adalah cara untuk berbagi koneksi Internet dari laptop atau desktop yang dilengkapi dengan adaptor nirkabel.
Pertama kita harus setup komputer HOST. HOST berarti komputer yang terhubung langsung ke Internet melalui modem ADSL dan itu akan menjadi salah satu yang berbagi koneksi internet.
Go to Control Panel > Network Connections, you should see a Local Area Connection, Wireless Network Connection). Dalam mode tampilan, akan menunjukkan banyak informasi berguna tentang koneksi Anda.
Berikut adalah langkah-langkah untuk mengkonfigurasi komputer HOST:
1. Klik kanan koneksi yang anda gunakan untuk terhubung ke Internet (klik kanan LAN anda di sytray) status dan pilih Properties. Buka tab Advanced dan centang Allow other network users to connect through this computer’s Internet connection”
2. Klik the drop down menu and select “Wireless Network Connection“. Click OK
3. Kembali ke Network Connections, Klik kanan Wireless Network Connection dan pilih Properties.
4. Buka Wireless Networks tab.
5. Klik Advanced button, pilih Computer-to-computer (ad hoc) networks only, danpastikan bahwa Automatically connect to non-preferred networks is UNCHECK atau tidak dicentang. OK
6. Klik Add button dan Wireless network properties Window akan muncul. Masukkan nama (SSID) untuk SSID terserah, dan pilih Data encryption to Disabled. Saya rasa kalau sekedar dirumah tidak perlu mengaktifkan WEP.
7. Klik kanan wireless adapter icon from system tray and klik “View Available Wireless Networks“. Pilih Network name (SSID) yang kamu masukkan pada step No. 6 dan Klik Konek

Selanjutnya, kita harus mengkonfigurasi komputer klien yang akan menghubungkan ke komputer HOST.

1. Right click tray wireless adapter icon from system tray, and select “View Available Wireless Networks”. Select the HOST computer and click Connect.

Komputer klien akan secara otomatis mendapatkan alamat IP dari komputer HOST karena Internet Connection Sharing diaktifkan. Mungkin memakan waktu, jadi bersabarlah. Sekarang kedua komputer HOST dan KLIEN dapat terhubung ke Internet dan berbagi file satu sama lain. Let’s Try


2 comments

  1. anish@picxy // 3 Februari 2011 pukul 14.11  

    hey bro i saw paypal banner in your blog .please tell me is that paypal ads and how you set it up

  2. admin // 3 Februari 2011 pukul 21.39  

    First you must login at paypal. Just clik at the bottom your paypal account. The name is referral. And just copy paste the html code and put to your blog.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...