Untuk setting modem Dlink-520B pastikan modem di set PPPoE. Gunakan IP static untuk modemnya. Saya tetap menggunakan IP Default untuk modemnya. Yaitu 192.168.1.1 (IP Modem). Setelah koneksi speedy berhasil muncul Upstream 507 kbps - Downstream 1027 Kbps dan IP Gateway dari speedy. Koneksi anda berarti berhasil. Kemudian untuk setting LAN nya pilih - disable DHCP server. Artinya pilinh IP anda secara manual.
Selanjutnya adalah koneksi untuk AP (TPLINK WA601G).
1. Rubah IP default radionya dengan IP 192.168.1.10
2. Subnet 255.255.255.0
3. Untuk Gatewaynya masukkan IP Modem. SSID isi dengan nama ......
Kemudian pada menu Wireless - Basic Setting - Pilih mode AP - enable SSID Broadcast - Reboot - Save.
4. Selanjutnya pada menu DHCP - DHCP Setting - Pilih enabled pada  DHCP server ( Agar client nanti dapat IP secara dinamic/otomatis)
5. Isi start IP dari 192.168.1.2 s/d 192.168.1.10
6. isi Gateway dengan IP Modem beserta DNs nya. Dari sini setting untuk AP dan Modem boleh dibilang sudah selesai. Sekarang adalah urut-urutan gambar nya :

Internet ======> Modem ========> HUB <========= PC                  
                                                                  ||
                                                                  ||
                                                                 AP
Untuk HUB/Switch saya menggunakan HUB bekas aja merk Surecom. Pastikan semua dapat di ping dari PC baik ke AP maupun ke Modem. Jaringan hotspot anda sudah dibuat. Sekarang waktunya untuk dilakukan test pada laptop apakah SSID kita sudah terdeteksi dan koneksi apa sudah berjalan dengan baik.

Ternyata SSID kita sudah dapat terdeteksi di laptop. Artinya Hotspot sudah berjalan dengan baik. Kemudian untuk melakukan koneksi pada hotspot kita pilih connect. Tunggu beberapa saat sampai berhasil. Setelah berhasil kita dapat melihat signal strenght yang didapat dari AP. Bagaimana qualitynya, speed yang didapat. Berarti koneksi dengan AP sudah berhasil, tinggal browsing. Coba ping ke yahoo.com. Kalau replay berarti koneksi internet sudah berhasil. Setting hotspot rumahan sudah berhasil dan browsing sepuasnya deh. Untuk signal pastikan jangan sampai terhalang oleh tembok. Karena akan mempengaruhi kualistas signal wifi anda.
 

0 comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...