Skema RT RW Net sederhana disamping adalah contoh bagi semuanya yang ingin membangun RT RW Net di lingkungan anda. Dengan Asumsi untuk client nya menggunakan media antenna untuk koneksinya. Media antenna bisa menggunakan wajanbolic. Menggunakan antenna dikarenakan jarak antara PC server dengan Client lebih dari 1 Km.

Untuk koneksi internet menggunakan speedy unlimited. Pokoknya koneksi unlimited deh. Kisaran berlangganan speedy adalah Rp. 750.000,-. Kalau kita sharing 5 Client berarti per client berlangganan Rp. 150.000,-. Untuk sisi server, AP bisa menggunakan TPLINK wa601g ataupun senao, edimax, jaht dsb. Untuk antenna harus menggunakan antenna Omni. Karena polarasi nya 360". Untuk setting modem adsl routernya di set ip ke default aja. Kalau mau dirubah juga lebih baik. Pastikan semua Ip adalah satu range. Koreksi :(untuk IP gateway di modem adalah IP bawaan speedy). Untuk sisi client Ip untuk AP nya bisa diisi terserah. Yang penting di add di PC, ip yang digunakan adalah Ip yang satu range dengan IP AP server atau Ip modem. Jangan sampai sama ya ip nya, ntar bisa conflict lho?.
O iya sis server kalau bisa diaktifkan mode mac address nya. Biar client yang tak terdaftar ngak bisa masuk jaringan. Jadi daftarkan mac address masing2 client di AP sisi server. Ok Let's Try..

0 comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...