Ping adalah program yang digunakan untuk memeriksa apakah sebuah host itu berfungsi dan aktif dalam jaringan. Ini sangat sederhana dan biasanya digunakan untuk memecahkan masalah jaringan.
Tidak dapat tersambung ke Internet berikut adalah tips untuk memecahkan masalah dalam jaringan :
1) Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah untuk memastikan lampu pada kartu jaringan atau LAN CardD-Link DFE-530TX+ 10/100 Fast Ethernet Desktop AdapterSabrent PCI-G802 Wireless LAN 802.11g PCI Network 54MPS Wi-Fi Card Adapter - VISTA ReadyIntel PWLA8391GT PRO/1000 GT PCI Network Adapter terhubung dengan kabel. Kadang-kadang jaringan down karena kabel jaringan terputus atau sambungan kabel yang longgar. Jika anda melihat lampu pada kartu jaringan anda menyala dan menghubungkan dengan kabel jaringan, pastikan kabel jaringan bekerja dan router yang terhubung dengan komputer aktif. Jika anda melihat lampu pada LAN Card anda, lanjutkan ke langkah ke 2.
2) Klik Start dan klik Run.
3) Jendela Run akan muncul. Ketik cmd pada jendela Run dan klik OK.
4) Ketik ping 127.0.0.1 di jendela Command Prompt. Ini adalah kartu jaringan alamat loopback. Jika anda menerima balasan dari 127.0.0.1, maka jaringan bekerja. Jika anda menerima Permintaan timed out, berarti kartu jaringan tidak bekerja dengan benar. Cabut dan install ulang kartu jaringan. Hubungkan dengan kabel jaringan maka ping alamat loopback lagi. Jika masih gagal, periksa status driver kartu jaringan pada Windows Vista atau XP untuk masalah kartu jaringan dan pastikan kartu tersebut bekerja dengan baik. Jika masih gagal, mungkin kartu jaringan tidak dapat digunakan lagi. Coba lagi dengan menggunakan kartu jaringan lainnya. Namun, jika anda tidak dapat menginstal driver kartu jaringan dengan benar pada komputer ini, tapi itu bekerja pada komputer lain, maka mungkin ada masalah pada Microsoft Windows OSMicrosoft Windows 7 Home PremiumMicrosoft Windows 7 Ultimate Upgrade atau pada TCP / IP.

5) Sekarang anda dapat melanjutkan untuk ping alamat IP komputer anda. Jika anda tidak yakin tentang komputer IP, gunakan ipconfig untuk mengetahui. Jika anda gagal untuk ping IP ini atau tidak ada IP dikonfigurasi pada komputer, periksa konfigurasi jaringan seperti alamat IP (ditentukan secara manual atau secara otomatis?), Subnet mask, gateway pada kartu jaringan untuk memastikan itu dikonfigurasi dengan benar.
6) Jika anda bisa ping alamat loopback dan IP komputer anda, sekarang anda dapat melanjutkan untuk melakukan ping ke alamat IP router. Jika anda menerima Permintaan timed out, pastikan router dikonfigurasi dengan benar dengan IP yang benar, subnet mask, DHCP dan pengaturan jaringan lainnya.
Catatan: Pastikan bahwa DSL / modem kabel dikonfigurasi dalam mode bridge (bukan routing mode), sehingga dapat bekerja dengan baik setelah terhubung ke router.
7) Jika anda bisa ping IP router, maka anda harus dapat melakukan ping ke komputer lain atau notebook dalam jaringan anda. Jika anda masih gagal untuk melakukan ping ke IP router atau komputer lain, maka anda dapat melihat pada konfigurasi jaringan nirkabel atau tutorial setup jaringan untuk mendapatkan lebih banyak bantuan.
8) Jika anda telah berhasil melakukan langkah-langkah dan semuanya bekerja dengan baik, tapi anda masih gagal melakukan koneksi ke internet, kemudian cek DSL, kabel atau modem nirkabel untuk memastikan semua kabel terhubung dengan benar. Anda Reset DSL, kabel atau modem nirkabel dan mencoba akses internet setelah itu. Jika jaringan anda masih turun setelah itu, hubungi ISP anda untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut dalam memecahkan masalah jaringan. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa masalah di sisi ISP anda. Dan siapa tahu modem anda rusak.
Kadang-kadang anda mungkin menemukan komputer anda terhubung ke jaringan, tetapi tidak dapat mengakses situs Internet. Jika ada masalah seperti ini maka anda bisa mencoba untuk menggunakan DNS server gratis (208.67.222.222, 208.67.220.220) yang disediakan oleh OpenDNS.
Catatan: Kemungkinan lain, jika tiba-tiba anda gagal untuk mengakses halaman Web manapun, mungkin komputer anda terinfeksi dengan adware, malware, worm atau virus, sehingga anda harus menginstall komputer anda dengan menggunakan antivirus atau antispyware dengan update terbaru.

3 comments

  1. Unknown // 5 Oktober 2011 pukul 09.53  
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
  2. Unknown // 5 Oktober 2011 pukul 09.57  

    saya puya masalah dengan wifi dirumah kalau sya pakek wind xp stus ya conex bisa brosing kalau windos 7 satus conex tapi tidak bisabrosing o hya teman saya sempet gati wpa ya tetep sama apa peyebab ya tolong batuan ya? ....

  3. Anonim // 8 Oktober 2011 pukul 13.13  

    @famili : mungkin bisa di disabled firewallnya, atau coba ping ke ip address yang pake windows dan ip address wirelesnya begitu juga sebaliknya pastikan replay. (admin)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...