Sebuah jaringan terdiri dari beberapa komputer yang terhubung menggunakan beberapa jenis interface, masing-masing perangkat memiliki satu atau lebih seperti Network Interface Card (NIC) dan / atau perangkat serial untuk jaringan PPP. Setiap komputer didukung oleh perangkat lunak jaringan yang menyediakan fungsionalitas server atau client. Hardware yang digunakan untuk mengirimkan data melalui jaringan disebut media. Ini mungkin termasuk kabel tembaga, serat optik, atau transmisi nirkabel
Kabel standar yang digunakan untuk keperluan dokumen ini adalah 10Base-T kategori 5 kabel ethernet. Ini adalah kabel tembaga twisted yang muncul di permukaan untuk melihat mirip dengan TV kabel koaksial. Hal ini berakhir pada setiap ujung dengan konektor yang tampak seperti sebuah konektor telepon. Panjang segmen maksimal adalah 100 meter.

Kategori Jaringan

Ada dua jenis utama kategori jaringan yaitu:

* Berbasis Server
* Peer-to-peer

Dalam sebuah jaringan berbasis server, ada komputer ditetapkan untuk menjadi penyedia utama layanan seperti layanan file atau layanan mail. Komputer yang menyediakan layanan ini adalah server dan komputer yang meminta dan menggunakan layanan disebut komputer klien.
Dalam sebuah jaringan peer-to-peer, berbagai komputer di jaringan dapat bertindak baik sebagai klien dan server. Misalnya, banyak komputer berbasis Microsoft Windows akan memungkinkan berbagi file. dsb. Ini komputer dapat bertindak baik sebagai client dan server dan juga disebut sebagai peer. Banyak kombinasi jaringan peer-to-peer dan berbasis server. Sistem operasi jaringan yang menggunakan protokol jaringan data untuk berkomunikasi pada jaringan untuk komputer lain. Sistem operasi jaringan yang mendukung aplikasi pada komputer adlah Sistem Operasi Jaringan (NOS) termasuk Windows NT, Novell Netware, Linux, Unix dan lain-lain.

Topologi Jaringan

Topologi jaringan menjelaskan metode yang digunakan untuk melakukan pengkabelan fisik jaringan. Yang utama adalah Bus, Star, dan Ring.
1. Bus - Kedua ujung jaringan harus diakhiri dengan sebuah terminator. Sebuah konektor barel dapat digunakan untuk memperpanjang. Topologi ini sudah sangat jarang digunakan didalam membangun jaringan komputer biasa karena memiliki beberapa kekurangan diantaranya kemungkinan terjadi nya tabrakan aliran data, jika salah satu perangkat putus atau terjadi kerusakan pada satu bagian komputer maka jaringan langsung tidak akan berfungsi sebelum kerusakan tersebut di atasi.
2. Bintang - Semua perangkat terhubung ke hub sentral, yang dapat mengontrol komunikasi jaringan, dan dapat berkomunikasi dengan hub lain. Range batas sekitar 100 meter dari hub.
3. Ring - Perangkat yang terhubung dari satu ke yang lain, seperti dalam cincin. Sebuah data token digunakan untuk memberikan izin untuk setiap komputer untuk berkomunikasi.

Ada juga topologi jaringan hibrida dan jaringan mesh dengan koneksi antara berbagai komputer di jaringan. Jaringan Mesh idealnya memungkinkan setiap komputer memiliki koneksi langsung ke masing-masing komputer lain. Sebagian besar topologi yang kita gunakan adalah topologi star, karena itulah yang digunakan di jaringan ethernet.

0 comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...