Mengubah WEP untuk WPA dapat menjadi langkah besar dalam meningkatkan keamanan jaringan nirkabel/wireless. Ini adalah dua jenis utama perlindungan yang tersedia melalui router nirkabel modern. WEP atau Wired Equivalent Privacy adalah algoritma keamanan yang digunakan untuk jaringan nirkabel. Jaringan nirkabel menggunakan WEP sebenarnya sangat mudah ditembus dengan menggunakan perangkat lunak sederhana yang tersedia secara online
WPA atau Wi-Fi Protected Access adalah program sertifikasi khusus yang menawarkan sebuah protokol keamanan yang membuatnya jauh lebih sulit untuk ditembus. Peningkatan dalam keamanan seringkali jauh lebih menarik untuk dirumah atau usaha yang berisi komputer atau perangkat dengan informasi yang sensitif.

Keuntungan Mengubah dari WEP ke WPA

Ada beberapa keuntungan yang WPA miliki daripada WEP. Keuntungan utama adalah :
* Wireless Security yang sangat kuat.
* Penambahan proses otentikasi dari enkripsi WEP dasar.
* WEP support untuk perangkat yang tidak memiliki upgrade WPA atau opsi upgradeable.
* RADIUS (Remote Access Dial-In Server User) integrasi untuk audit administrasi dan logging.

WEP memiliki berbagai kelemahan antara lain :
1. Masalah kunci yang lemah, algoritma RC4 yang digunakan dapat dipecahkan.
2. WEP menggunakan kunci yang bersifat statis
3. Masalah initialization vector (IV) WEP
4. Masalah integritas pesan Cyclic Redundancy Check (CRC-32)
WEP terdiri dari dua tingkatan, yakni kunci 64 bit, dan 128 bit. Sebenarnya kunci rahasia pada kunci WEP 64 bit hanya 40 bit, sedang 24bit merupakan Inisialisasi Vektor (IV). Demikian juga pada kunci WEP 128 bit, kunci rahasia terdiri dari 104bit.

Cara Ubah WEP ke WPA

Pertama, ada banyak jenis router nirkabel yang tersedia. Panduan ini akan memberikan petunjuk sederhana untuk pilihan yang paling umum tersedia di pasar. WPA akan menggunakan kunci enkripsi. Enkripsi akan dilakukan dengan passphrase dan hanya anda yang tahu dimana terdapat 8-63 karakter yang akan dikonfigurasi ke router dan diakses melalui masing-masing klien yang terhubung untuk menghasilkan kunci enkripsi yang unik untuk setiap koneksi nirkabel. Proses otentifikasi WPA menggunakan 802.1x dan EAP (Extensible Authentication Protocol). Secara bersamaan, implementasi tersebut akan menyediakan kerangka kerja yang kokoh pada proses otentifikasi pengguna. Kerangka-kerja tersebut akan melakukan utilisasi sebuah server otentifikasi terpusat, seperti RADIUS, untuk melakukan otentifikasi pengguna sebelum bergabung ke jaringan wireless. Juga diberlakukan mutual authentification, sehingga pengguna jaringan wireless tidak secara sengaja bergabung ke jaringan lain yang mungkin akan mencuri identitas jaringannya.

Catatan: Ingat bahwa mengubah pengaturan dapat menyebabkan komputer nirkabel dan perangkat lain tidak dapat akses ke router. Pastikan Anda memiliki cara untuk mengakses ke router melalui koneksi kabel jika perubahan perlu dilakukan untuk mengembalikan pengaturan WEP untuk mengakses router.

0 comments

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...